HomeDealer & DistributorDrum SetupCustom DrumGuestbook | ForumPasang IklanEmail the author

Apaan sih drum?
Belajar main drum & notasi
Rudiment
Tangan & posisi kaki
Teknik memukul
Selengkapnya...

10 hal kelebihan drum
10 tips penting
Belajar Bossa
Groove David Garibaldi I
Ide setup drum
Selengkapnya...

Pearl free floating snare
Zildjian K custom crash
Ahead stick
Mapex seri Mars
Paiste seri Alpha
Selengkapnya...

Professional Ternama
Professional
Semi pro & pemula
Cewe-cewe drummer
Drummer-drummer cilik
Profil band
Selengkapnya...

Tentang author
My setup
My band "Kepang96"

Solo drum: MP3 format
RealAudio format
Kirim demo kamu
Selengkapnya...

Forum KlinikDrum
Cerita & pengalaman
Guestbook
Sarana lainnya...


Dealer contact:

Drum Setup:


Hari gini pake cymbal efek mahal?!

Effect cymbals, chinese & splash


Sekarang ini Cina bukan hanya memproduksi mainan murah, perangkat komputer tapi juga merambah ke dunia musik dengan membuat cymbal khusus drumset dengan harga yg jauh lebih murah daripada leading brand saat ini. Suaranya? Jangan anggap remeh! Suara yang dihasilkan pada cymbal china-nya terutama, lebih baik daripada cymbal china buatan merk ternama. Gimana nggak lebih bagus? Cymbal china itu kan asalnya dari Cina sendiri, kalau Turky (Zildjian) atau German (Paiste) membuat cymbal china, sudah tentu suaranya akan berbeda dari 'versi' aslinya.

Perbandingan harga cymbal buatan china dengan cymbal merk sangat jauh berbeda, dapat diambil contoh. Harga cymbal China ukuran 18" buatan Paiste atau Zildjian kelas atas berkisar antara 1,6 juta rupiah. Sedangkan untuk ukuran yang sama dengan suara yang bisa dibilang lebih baik hanya berkisar antara 350 ribu rupiah!!! Amazing? Yup. Demikian juga dengan splash. Splash buatan Cina dengan kualitas suara Zildjian hanya berkisar Rp 140 ribu dengan ukuran 10".

Cymbal China dengan merk Stagg atau Wuhan really works. Untuk merk lain penulis tidak merekomendasi. Untuk drummer yang merk minded, jangan khawatir. Neil Peart saja (drummer Rush) menggunakan cymbal Cina asli untuk china-nya.

Bagaimana dengan crash, ride dan hihat buatan Cina? Nah, untuk type tersebut yang merupakan type untuk modern musik saya tidak rekomendasi. Karena walaupun bentuknya seperti cymbal 'normal', suaranya masih tetap saja ada unsur 'chinese'nya, yaitu trashy. Jadi sangat tidak cocok untuk lagu pop, fusion musik modern lainnya. Tapi ada baiknya anda menggunakan crash cymbal buatan Cina itu sebagai efek. Nice!


Drumet Denny AJD, menggunakan cymbal China non-merk terkenal (paling kiri).


Di karenakan batasan kemampuan cymbal buatan Cina, maka ada baiknya drummer merubah setting pada drumset seperti apa yang penulis sarankan. Jika anda merk minded pada satu cymbal, katakanlah Paiste. Pastikan bahwa crash, hihat dan ride anda bermerk paiste agar masing2 suara cymbal nge-blend karena ke-tiga jenis cymbal inilah yang di tuntut sama karakter suaranya. Untuk cymbal efek dimana membutuhkan nuansa lain, maka gunakanlah cymbal buatan Cina seperti China cymbal dan splash. Selain harga sangat murah suaranya bahkan lebih bagus daripada cymbal merk untuk type cymbal seperti itu. Secara keseluruhan, suara yg dihasilkan drumset anda akan lebih maksimal tanpa memaksimalkan pengeluaran anda.

Mungkin ada pertanyaan mengenai bahan dan daya tahan? Bahan yang digunakan adalah sama persis dengan campuran metal cymbal merk, yaitu perunggu (B20). Dan sudah tentu saya tahan sama dengan cymbal merk lainnya.

Kalau anda tidak percaya, silahkan buktikan dengan kuping anda sendiri. Hari gini cymbal pake efek mahal?!
INSTITUT MUSISI INDONESIA Basuki Building Lt. 3 Jl. Raya Bekasi KM. 19 No. 3 Pulogadung - Jakarta 13260 Phone : (021) 4603747 (hunting) Fax : (021) 4603206 Email : imimusic@dnet.net.id

 
 

Home | Artikel | Review | Profil | Forum | Pasang iklan

Copyright ©2000 - KlinkDrum.com.
Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.