HomeDealer & DistributorDrum SetupCustom DrumGuestbook | ForumPasang IklanEmail the author

Apaan sih drum?
Belajar main drum & notasi
Rudiment
Tangan & posisi kaki
Teknik memukul
Selengkapnya...

10 hal kelebihan drum
10 tips penting
Belajar Bossa
Groove David Garibaldi I
Ide setup drum
Selengkapnya...

Pearl free floating snare
Zildjian K custom crash
Ahead stick
Mapex seri Mars
Paiste seri Alpha
Selengkapnya...

Professional Ternama
Professional
Semi pro & pemula
Cewe-cewe drummer
Drummer-drummer cilik
Profil band
Selengkapnya...

Tentang author
My setup
My band "Kepang96"

Solo drum: MP3 format
RealAudio format
Kirim demo kamu
Selengkapnya...

Forum KlinikDrum
Cerita & pengalaman
Guestbook
Sarana lainnya...


Dealer contact:

Drum Setup:


Fusion atau Rock?

Oleh Denny

FUSION & ROCK DRUMSET

Karena pada saat ini (6 Mei 2001) ada polling mengenai drumset Fusion & Rock, nggak ada salahnya kita bahas secara lebih mendalam lagi

Rock set (bass 22", Snare 14", Tom 12-13-16") telah menjadi set standart selama puluhan tahun. Bahkan pada tahun 80-an bass drum ukuran 24" sangatlah populer. Tapi sejak awal tahun 90-an sepertinya muncul ukuran baru yang lebih compact, yaitu Fusion set. (Bass 20", Snare 14", Tom 10-12-14" dan sekarang semakin populer. Memang, Fusion set ini memang ditujukan untuk lagu jazz terutama fusion. Karakter drum fusion itu memang tipical dengan suara tom-tom yang cukup tinggi maka dari itu setnya terdiri dari tom-tom yang cukup kecil. Tapi siapa bilang kalau tom-tom kecil itu cuma bisa untuk nada tinggi? Here's more...

Mungkin kita dapat langsung ke titik permasalahannya, yaitu perbandingan antara drumset Fusion dan Rock. Kita cari mana keunggulan dan kekurangannya.

Rock: Drumset Rock mempunyai bass drum 22", kelebihannya... suara sangat menendang, gainnya lebih kuat, terus... apalagi? Sepertinya itu saja. Bass drum ukuran 22" mempunyai satu masalah, yaitu ukurannya itu, sedikit terlalu besar dan dampaknya ada pada pemain drum itu sendiri.
Masalah yang pertama-Anda akan mempunyai kesulitan dalam urusan mengeset drum karena posisi tom-tom akan menjadi sangat tinggi jika dipasang dengan posisi yang 'benar'. Satu-satunya cara agar tom-tom menjadi rendah adalah menggesernya kesamping yang menjadikan tom-tom sangat terpisah dan miring. Dan itu amatlah terlihat jelek dan karena itu juga permainan drum anda bisa terhambat. (tidak bekembang).
Masalah yang kedua-masih dampak posisi tom-tom yang tinggi. Power yang dikeluarkan jika posisi tom tinggi tidak akan maksimal dan pukulan kurang akurat serta orang yang memainkan set seperti itu akan merasa tidak nyaman dan cepat lelah.
Masalah ketiga (Tom-tom)-Karena ukuran 12" merupakan ukuran terkecil pada set rock, maka anda tentu ingin mendapatkan suara yang cukup tinggi kan? Tapi ukuran 12" inilah yang agak susah di-tune menjadi nada yang tinggi. Walaupun bisa, suaranya akan tertahan. Dan tom-tom ini juga berdampak negatif dalam masalah set-mengeset karena tom -tom ukuran besar mempunyai panjang yang lebih dan lagi-lagi akan membuat posisi tom-tom itu menjadi tinggi jika dipasang diatas bass drum 22". Sepertinya ukuran seperti ini untuk sekarang akan lebih cocok untuk musik yang sangat keras. Seperti Rock dan Heavy metal. Sepertinya untuk membawakan lagu pop masih kurang 'kena'.

Kelebihan satu-satunya dari drumet rock adalah gain. Suaranya lebih terprojeksi dan keras karena ukuran yang lebih besar.

Okay, sekarang kita bahas drumset Fusion.

Fusion set

Keuntungan pertama-Karena bass drumnya cukup kecil (20") maka tidak akan ada masalah mengeset. Karena menggunakan drumset ini maka urusan mengeset drum menjadi sangat menyenangkan. Suaranya pun tidak kalah dengan depth dari bass drum 22" bahkan lebih 'dapat' low dan sustainnya.
Keuntungan kedua-Karena posisi tom dapat menjadi lebih rendah maka pukulan yang dihasilkan akan lebih kuat dan akurat. Sebagai contoh, anda tentu tidak akan terasa nyaman jika makan dengan meja yang tinggi. Karena tom-tomnya dapat ditaruh sejajar dengan siku tangan kita maka lengan kita tidak perlu diangkat untuk memukul tom-tom.
Keuntungan ketiga-Karena ukuran tom-tom kecil, secara otomatis panjang tom-tom itu juga lebih pendek dan lagi-lagi mempermudah kita untuk menge-set. Dan tuning range pada tom-tom juga sangatlah luas. Tom ukuran 10" bisa di tune seperti menjadi ukuran 8" dan 12"! (tergantung head)! tom 12'-nya juga dapat ditune lebih low lagi seperti tom 13" dan juga floor tom14" mempunyai low yang sangat dalam dan lebih fokus daripada floor tom 16".
Keuntungan keempat-Seluruh set Fusion kit 1/4 lebih ringan daripada Rock kit. dan karena ukurannya lebih kecil maka tidak akan susah untuk dibawa masuk ke mobil sedan sekalipun.

Tahukah anda kalau setiap drumset baru pasti dipasangkan dengan drumhead yang single ply/satu lapis?! Nah, head single ply itulah yang paling cocok untuk ukuran drum yang kecil (tidak perlu ganti head lagi!). Ukuran drum yang besar kurang cocok jika dipasangkan dengan head satu lapis, suaranya akan kurang fokus dan cukup susah untuk di-tune. Mungkin pada suatu saat nanti setiap Rock set akan dilengkapi dengan drumhead double ply/dua lapis pada tom-tom dan bass drumnya.

Memang suara dari Fusion set/kit itu sendiri kalah keras dengan Rock set tapi suara dari Fusion itu sendiri lebih tajam dan fokus dan bahkan bisa dikategorikan lebih merdu daripada rock set. Dan juga kita balik lagi kemasalah kebutuhan dan selera. Kita tidak dapat memaksakan satu bentuk set kepada seseorang, semua terserah diri dia sendiri. Tapi jika anda memang memainkan lagu tidak lebih keras dari lagu Rock maka alangkah baiknya jika fusion kit ini menjadi pilihan anda.

 
 

Home | Artikel | Review | Profil | Forum | Pasang iklan

Copyright 2000 - KlinkDrum.com.
Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.