HomeDealer & DistributorDrum SetupCustom DrumGuestbook | ForumPasang IklanEmail the author

Apaan sih drum?
Belajar main drum & notasi
Rudiment
Tangan & posisi kaki
Teknik memukul
Selengkapnya...

10 hal kelebihan drum
10 tips penting
Belajar Bossa
Groove David Garibaldi I
Ide setup drum
Selengkapnya...

Pearl free floating snare
Zildjian K custom crash
Ahead stick
Mapex seri Mars
Paiste seri Alpha
Selengkapnya...

Professional Ternama
Professional
Semi pro & pemula
Cewe-cewe drummer
Drummer-drummer cilik
Profil band
Selengkapnya...

Tentang author
My setup
My band "Kepang96"

Solo drum: MP3 format
RealAudio format
Kirim demo kamu
Selengkapnya...

Forum KlinikDrum
Cerita & pengalaman
Guestbook
Sarana lainnya...


Dealer contact:

Drum Setup:


Real Book Vs Fake Book

Oleh Denny



Tidak menyangka, pada zaman reformasi seperti ini masih ada saja seorang yang membuat jiplakan suatu buku pendidikan. Benar-benar suatu tindakan yang memalukan dan merugikan.

Pertama saya mendapatkan laporan dari murid2 saya bahwa ada satu buku drum dengan title yang sama persis dengan buku ke-dua saya. Kemudian secara tidak sengaja saya menemukan buku tsb berada pada suatu toko buku di Ambassador Mal di Jkt bersebelahan dengan buku saya. Terus terang, saya sangat lemas ketika melihat buku itu dengan mata kepala sendiri. Ternyata hasil kerja saya selama hampir 3 tahun ini dengan mudah di jiplak orang dalam waktu 2 bulan!! Ini benar-benar menyakitkan.

Secara tidak langsung, buku jiplakan ini mengambil untung dari hasil jerih payah Press Conference buku saya bersama Mas Gilang Ramadhan, IMI, Yamaha & Gramedia (pihak Penerbit), promosi yg saya lakukan via Web & klinik drum yang saya lakukan keliling Indonesia. Karena title yg sengaja di samakan, maka dapat menipu konsumen. Jadi, buku ini hanya menumpang popularitas.

Saya pun penasaran dengan isi buku palsu ini. Alhamdulillah isinya tidak sama dan dari segi pengetahuan dan alhamdulillah kualitas masih jauh lebih baik buku aslinya, karena buku palsu ini terkesan terburu-buru dan asal-asalan. Misalnya... pada bab "Mengenali aliran musik" disitu ditulis suatu contoh:
Aliran musik Jazz:
Dalam musik jazz sering menggunakan variasi seperti ini:
(ternyata 5 notasi yang dimaksud sebagai beat "jazz" adalah beat SLOW ROCK dan BASIC ROCK!)
Murid-murid saya yang melihat hal ini pun terlihat bingung dengan artikel tsb. :)

Adapun hal yang mengecewakan lagi, yaitu. Format buku ini hampir sama dengan buku pertama saya, bahkan ada tulisan yang benar-benar sama dengan buku pertama saya. Tapi ternyata, sang penulis buku palsu ini tidak mencantumkan buku pertama saya pada Daftar Pustaka di halaman belakang. Padahal hukum sudah jelas, bahwa dilarang mengutip isi buku tanpa se-izin penulis. Apalagi persamaan title buku!

Dan, yg pasti title buku ini sengaja disamakan karena pihak penulis & penerbit buku ini memasang harga buku ini lebih murah Rp 1,300 dari buku saya yang berharga Rp 25,000. Jadi buku palsu ini mempunyai label harga Rp 23,700.

Sekarang saya pribadi mempersilahkan teman2 untuk mengecek buku palsu itu dengan mata kepala sendiri dan saya harap teman2 dapat menilainya sendiri. Mana yang berkualitas dan mana yang tidak.

Sekarang ini, pihak Gramedia selaku penerbit buku saya sedang berusaha mengontact pihak penerbit dan penulis buku "Panduan Praktis Bermain Drum" palsu ini. Saya mengharapkan keadilan dapat ditegakan. Jika jalan persaudaraan tidak dapat dilalui maka jalur hukumlah yang terbaik.

Saya mohon sekali dukungan dari teman-teman semua. Terima kasih & keep on groovin'!!!




 
 

Home | Artikel | Review | Profil | Forum | Pasang iklan

Copyright ©2000 - KlinkDrum.com.
Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.