HomeDealer & DistributorDrum SetupCustom DrumGuestbook | ForumPasang IklanEmail the author

Apaan sih drum?
Belajar main drum & notasi
Rudiment
Tangan & posisi kaki
Teknik memukul
Selengkapnya...

10 hal kelebihan drum
10 tips penting
Belajar Bossa
Groove David Garibaldi I
Ide setup drum
Selengkapnya...

Pearl free floating snare
Zildjian K custom crash
Ahead stick
Mapex seri Mars
Paiste seri Alpha
Selengkapnya...

Professional Ternama
Professional
Semi pro & pemula
Cewe-cewe drummer
Drummer-drummer cilik
Profil band
Selengkapnya...

Tentang author
My setup
My band "Kepang96"

Solo drum: MP3 format
RealAudio format
Kirim demo kamu
Selengkapnya...

Forum KlinikDrum
Cerita & pengalaman
Guestbook
Sarana lainnya...


Dealer contact:

Drum Setup:


Paiste Silver Mellow Ride 21"





By Denny AJD


Setelah sekian lama, akhirnya saya kembali mempunyai kesempatan untuk mereview product. Product kali ini merupakan satu element penting drumset, yaitu Ride Cymbal. Tepatnya adalah sebuah ride yg di buat oleh Paiste seri Signature dengan type Silver Mellow Ride ukuran 21". 21 inchi? Unik memang, product ini memang tergolong baru dan ukuran 21" sedang menjadi trend baru di kalangan produsen2 cymbal ternama.

Kesan pertama saya melihat cymbal ini sudah terkesima dengan keindahan tampilannya, padahal dimainkan saja belum. Warna kuning yang berbeda dengan cymbal lain seakan memberikan inspirasi lebih ke pemain. tidak heran jika warnanya berbeda dengan cymbal 'biasa' karena rumornya bahan dasar metal untuk Paiste Signature series menggunakan campuran emas (!). Tapi no body knows exactly karena campuran metalnya sangat di rahasiakan.

Untuk suara yang dihasilkan menurut yang tertulis di web site Paiste adalah:
Medium bright, mellow, quiet. Wide range, fairly complex mix. Even response with silvery, sizzly,
slightly woody stick over shadowy, misty wash. A tight, defined ride with a controlled, shimmering,
low body for wide musical application.


Wow, deskripisinya memang panjang sekali. Tapi saya akan coba dengan versi saya dan tentunya, bahasa Indonesia tercinta. :)



Pertama cymbal ini saya test di Test Room MG musik. Ketika tip stick ukuran 5A/5B menyentuh badan cymbal, tiba2 saya mendengar suara ride cymbal yang termanis yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Suara ping nya tergolong halus dan terkesan mewah. Yang membuat saya terheran, bahwa suaranya sangat nyaman di kuping walaupun cymbal tersebut agak washy. Waktu itu akustik ruangan disana agak sedikit aneh, jadi saya berpikiran untuk mencoba cymbal ini di tempat lainm, yaitu di IMI. Yang kebetulan mempunyai banyak tempat yg berbeda seperti ruang Dosen, Studio latihan hingga Concert Hall.

Kebetulan, disaat saya ingin mencoba di Concert Hall, mahasiswa2 IMI sedang latihan Ensemble Jazz. So, saya ganti segera cymbal yang ada dengan Paiste Silver Mellow Ride. Kesan pertama mereka bukan suaranya, tapi mereka terkesima dengan tampilan dan stampel harga yg masih tercantum dicymbal. Yup, harga yg tercantum di cymbal adalah Rp 3,795.000. Ya, hampir 4 juta. Dan mereka bertanya "Ini boleh dimainin mas? Mahal amat?". Saya bilang "Silahkan aja, tp yg penting no finger print ya... silahkan, siapa aja ya mau coba". Seiring dengan kalimat terakhir yg saya katakan, mereka tersenyum dengan raut muka yg gembira bercampur dengan rasa gatal untuk segera memainkan.

Ketika di mainkan, bukan hanya drummer yang terpukau, tetapi juga player lainnya. Sampai salah satu drummer berkata "Ini kok cymbal bagus amat suaranya, saya jadi seperti lebih jago 3 kali nih! Pantas aja harganya segitu". Memang, suara instrument yg bagus akan memberikan inspirasi yg lebih ke player. Harga bukan masalah jika player dan listener terpuaskan. :)

Saya pun ambil jarak dan duduk di kursi urutan paling belakang untuk menikmati musik dan cymbal itu tentunya. Salah satu teman instruktur pun bertanya "itu cymbal apaan Den?", "Paiste donk" dengan nada bangga. :) Dari kejauhan lebih dari 5 meter (waktu itu 15-20 meter) cymbal terdengar sangat luar biasa. Cymbal ini bukan hanya bersuara di lantunan musik Jazz, tapi juga ikut bernyanyi (!). Saya pun dapat melihat, murid2 saya memainkannya dengan sangat enjoy.



Setelah seharian bersama cymbal ini, saya mendapat banyak masukan dari murid dan teman2. Kata2 yg paling banyak terlontar adalah suara cymbal ini sangat nyaman di kuping. Tetapi suaranya luas dan jernih. Suara crashnya pun sangat lembut tetapi halus.

Saya yakin cymbal ini sangat cocok untuk musik pop, Pop Rock hingga Jazz tapi tidak sampai ke Bebop yang memerlukan pattern ride yang rapat dan cepat.

Dibawah ini saya cantumkan sound sample dari Paiste.com dan hasil rekaman langsung dari PDA saya sendiri. Bayangkan, dari sebuah PDA saja suaranya sangat indah. Apalagi jika terdengar di kuping Anda langsung atau di gunakan untuk rekaman. So, next time mencari ride cymbal. Jangan lupakan Paiste Silver Mellow Ride 21" seri Signature. You'll love it!


Dengar sampling langsung dari Paiste.com. Download here. Cuma 300kb.


Direkam menggunakan PDA HP Ipaq RW 6828 dengan kualitas suara 16 bit, auto gain control. Cuma 300kb.

 
 

Home | Artikel | Review | Profil | Forum | Pasang iklan

Copyright ©2000 - KlinkDrum.com.
Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.