HomeDealer & DistributorDrum SetupCustom DrumGuestbook | ForumPasang IklanEmail the author

Apaan sih drum?
Belajar main drum & notasi
Rudiment
Tangan & posisi kaki
Teknik memukul
Selengkapnya...

10 hal kelebihan drum
10 tips penting
Belajar Bossa
Groove David Garibaldi I
Ide setup drum
Selengkapnya...

Pearl free floating snare
Zildjian K custom crash
Ahead stick
Mapex seri Mars
Paiste seri Alpha
Selengkapnya...

Professional Ternama
Professional
Semi pro & pemula
Cewe-cewe drummer
Drummer-drummer cilik
Profil band
Selengkapnya...

Tentang author
My setup
My band "Kepang96"

Solo drum: MP3 format
RealAudio format
Kirim demo kamu
Selengkapnya...

Forum KlinikDrum
Cerita & pengalaman
Guestbook
Sarana lainnya...


Dealer contact:

Drum Setup:


Cymbal Zildjian K Custom Dark Crash 18"

Oleh Denny

Kelebihan:

  • Sensitive
  • Dapat dijadikan sebagai light ride
  • Suaranya 'kaya'

Kekurangan:

  • Tidak ada

Zildjian memang tidak diragukan lagi pada setiap rancangan produknya. Saya telah menggunakan cymbal ini lebih dari 2 tahun, dan saya amat-sangat menyukainya (sering dibersihkan juga) dan setiap orang dilarang memegang permukaan cymbalnya, hanya boleh pinggirnya saja (sumpah). Kenapa saya sangat peduli dengan cymbal ini? Jawabannya adalah karena suaranya sangat bagus dan bila dalam keadaan bersih akan memberi inspirasi bagi saya pada saat memainkannya.

 

Detail

Setelah Zildjian sukses dengan seri K-nya maka mereka melanjutkan lagi dengan meluncurkan seri K Custom yang ternyata meraih sukses yang sama. Proses pembuatan K dan K Custom memang hampir sama, masing-masing di hammered secara manual oleh manusia sehingga menghasilkan tone yang natural dan hangat. Tetapi proses pembuatan K Custom lebih sulit dan suara yang dihasilkan juga saling bertolak. Profil dari cymbal K custom juga berbeda dengan seri K sebelumnya yang cenderung 'rata', profil K custom lebih cembung, hasil lathing lebih padat dan di hammered lebih banyak. Dan sepertinya bagian bawah cymbal juga diberi proses tambahan seperti proses yang diberi nama sanding.

Dengan melihat cymbal ini saja anda akan merasa bahwa anda tidak akan mungkin memainkan lagu-lagu keras seperti lagu-lagu dari group Limbizkit dengan cymbal ini.... karena cymbal ini teralu 'jazz'. Dan saya sendiri akan merasa tidak 'tega' untuk memukulnya keras-keras.

 

Suara

Telah disebutkan bahwa suara yang dihasilkan berbeda dengan seri K biasa. Suara K Custom mempunyai pitch yang tinggi, overtone yang kering, sangat mellow, trashy dan sangat sensitive. Memang, jika dimainkan di musik beraliran Metal saya yakin tidak akan nyambung. Ketika saya memainkannya dengan mallet, saya dapat merasakan tone yang dihasilkan sangat hangat dan lembut, seperti suara angin yang bertiup tetapi dengan tambahan suara shimmer atau sparkling disekitar kita.

Karena yang saya miliki berukuran 18", maka saya suka menjadikannya sebagai ride (dengan menggunakan stick jazz tentunya). Suaranya seperti suara ride di tahun 50-an, trashy, cocok sekali untuk memainkan swing dan bell-nya cukup nyaring. Dan saya juga suka memainkannya dengan ride pattern yang kasar (dipukul pinggirnya) sehingga terdengar suara crash yang terus menerus hampir tidak terdengar batasnya, sangat cocok untuk musik rock & roll.

 

Penutup

Cymbal ini memang hanya cocok untuk memainkan lagu jazz sampai medium rock saja, saya harap pemain drum heavy rock atau metal dapat mencari pilihan lain (tunggu review berikutnya). Memang, harga cymbal ini tidaklah murah. Harga sekarang sekitar Rp 1.900.000 tetapi cymbal ini memang sebuah 'treasure' bagi saya. Tetapi dengan harga itu saya rasa setara dengan sound yang dihasilkan dan inspirasi yang diberikan kepada anda.

 
 

Home | Artikel | Review | Profil | Forum | Pasang iklan

Copyright 2000 - KlinkDrum.com.
Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.