HomeDealer & DistributorDrum SetupCustom DrumGuestbook | ForumPasang IklanEmail the author

Apaan sih drum?
Belajar main drum & notasi
Rudiment
Tangan & posisi kaki
Teknik memukul
Selengkapnya...

10 hal kelebihan drum
10 tips penting
Belajar Bossa
Groove David Garibaldi I
Ide setup drum
Selengkapnya...

Pearl free floating snare
Zildjian K custom crash
Ahead stick
Mapex seri Mars
Paiste seri Alpha
Selengkapnya...

Professional Ternama
Professional
Semi pro & pemula
Cewe-cewe drummer
Drummer-drummer cilik
Profil band
Selengkapnya...

Tentang author
My setup
My band "Kepang96"

Solo drum: MP3 format
RealAudio format
Kirim demo kamu
Selengkapnya...

Forum KlinikDrum
Cerita & pengalaman
Guestbook
Sarana lainnya...


Dealer contact:

Drum Setup:


The New Paiste Alpha



Oleh: Denny AJD
Foto oleh: Ferry Armand

Pertama kali, seri Alpha di perkenalkan di tahun 1992. Tidak lama setelah dirilis, seri ini menjadi pilihan para drummer muda yang ingin merasakan kualitas suara Paiste dengan harga yg cukup terjangkau. Campuran metal yang digunakan adalah B8, sama persis dengan apa yang digunakan oleh seri 2002. Metal yang merupakan hasil ciptaan Paiste ini diramu khusus untuk musik modern karena kemampuannya yang dapat terdengar di dentuman musik keras dan tentu daya tahan cymbalnya itu sendiri bisa diandalkan. Walaupun demikian, bukan berarti seri Alpha untuk musik Rock saja, karena banyaknya ragam produk seri Alpha versi terbaru sangat memungkinan untuk digunakan pada jenis musik Jazz (swing) sekalipun.




First impression:
Pertama kali saya mencoba seri Alpha terbaru di MG Test Room, terus terang saya amazed dengan looks cymbalnya. Tampilan yang mengkilap dan hammering yang kompleks membuat cymbal ini terkesan mewah sekali. Logo Alpha baru nya cukup eye cathing, dari kejauhan pun dengan mudah drummer dapat mengenal cymbal ini.

Setelah memainkan beberapa saat cymbal Paiste Alpha, saya pun membandingkan dengan merk lain dengan kelas middle up yang kebetulan terpasang di drumset. Well, dibandingkan dengan Alpha, cymbal itu terdengar seperti lempengan besi. Yup, Seri Alpha bukanlah tandingannya.

Dalam mereview cymbal ini saya tidaklah sendirian. Cymbal ini saya bawa ke Institut Musisi Indonesia, IMI. Dan saya serahkan murid2 saya untuk memainkannya. Pada saat mereka memainkannya, saya mendengarkan dari jauh dan menanyakan langsung bagaimana kesan mereka setelah menggunakannya. Cymbal bukan saja di coba di Concert hall, tapi juga di kelas dan tidak lupa ruang dosen. :)

Cymbal test:
Pertama yang saya coba adalah Paiste Alpa Full Ride 20". Yang pasti cymbal ini cukup berat dan solid, bell cukup besar hingga mudah di akses. Stroke di body utama (ride area) menghasilkan suara ping yang cukup shimmering (sparkling) dan cukup konsisten. Secepat apapun riding yg saya lakukan, cymbal itu tetap pada volume yang sama, tidak banyak build up. Bell yang berukuran cukup besar ini pun sangat nyaring & tebal dan suaranya terpisah dengan body cymbal. Yang cukup mengherankan, walaupun cukup 'pingy' cymbal ini sangat memuaskan bila di crash. Very nice! 8/10 saya berikan nilai pada cymbal ini.


Dengar sample suara Alpha Groove Ride 21"



Crash yang saya coba sebenarnya adalah Alpha Medium Crash 18" dan Alpha Thin Crash 17". Suara yang dihasilkan Medium Crash 18" sungguh lebar dan penuh. Tidak lupa juga karakter Paistenya pun sangat menonjol, yaitu bright, shimering, kompleks mempunyai sustain yang cukup panjang. Memang dibutuhkan power yg sedikit lebih untuk mengeluarkan karakter cymbal sebenarnya. Tapi jika kamu memang rocker sejati, Medium crash ini bisa jadi pengangan hidup kamu. Penilaian untuk Medium Crash 18" adalah 8/10. Untuk Thin crash 17", sungguh saya sangat amazed. Cymbal ini sangat sensitive dan suaranya lebih rich dari medium. Saya rekomendasikan cymbal ini untuk Jazz player karena suarnya sangat Rich, warm, kompleks dan shimmering. Bahkan murid saya ada yg mengatakan bahwa karakternya mirip dengan cymbal seri K buatan Z******n hanya lebih bright dan halus. Untuk Rocker sebaiknya pikir 2 kali untuk pilih cymbal ini sbg crash utama karena cukup tipis. 9/10 point saya berikan untuk cymbal luar biasa ini.


Dengar sample suara Alpha Medium 18"



Seri Alpha yang terdahulu mempunyai 1 kelemahan, yaitu banyak yang kurang puas dengan suara hihatnya. Apakah Paiste mendengarkan keluhan mereka? Yup, they surely did! Medium Hihat yang saya coba mempunyai karakter yg bright & rich. Tone yang dihasilkan memang tipikal dengan suara hihat yang biasa kita dengar tapi tonenya sangat terprojeksi dan bisa dibilang cukup tajam. Untuk Hihat hihat ini layak mendapatkan point 7/10. Tapi Saya pun mencoba dan menggunakan Roch Hihat ukuran 15" dan wow... Bisa dikatakan hihat ini jauh lebih bagus dari pada * Custom yang di buat oleh Z******n. Untuk hihat spesial ini saya beri nilai 10/10!


Dengar sample suara Alpha Medium Hihat 14"



Tampilan Splash seri Alpha ini merupakan yang paling sederhana. Hammering yang dalam justru terlihat unik. Jika dibandingkan dengan splah versi sebelumnya, Splash type baru ini lebih tebal dan jernih. Sayang, sedikit gongy, tapi pasti suara gongy tersebut tidak akan terdengar bila dimainkan bersaman dengan drumset. 8/10 merupakan nilai yg cocok untuk cymbal ini.


Dengar sample suara Alpha Splash 10"



Masih terkesima dangan cymbal buatan Cina dengan harga murah? Well, kamu harus coba Alpha Sensitive China 17" ini, saya jamin kamu akan melepaskan cymbal itu dan memberikan ke teman. Terus terang saya sempat berpikiran tidak akan ada cymbal china sebagus buatan Cina sendiri, ternyata saya salah besar. Walaupun Alpha Sensitive China ini sangat trashy, suaranya sangat berkelas dan tidak murahan dan uniknya tidak sakit di telinga karena cukup soft tetapi tetap dapat bertahan melawan distorsi gitar. Looks dari China ini pun sangat garang dengan hammering yang kaya dan bentuk yg unik. Tapi ada warning untuk para hard hitter, karena cymbalnya cukup tipis. Berhati-hatilah bila memukulnya, jangan over power.

Tahukah kamu kelemahan cymbal China merk S***g dan W***n? Mereka mempunyai bell yang berbentuk tabung dan besar sehingga tidak muat bila dibawa menggunakan hardcase cymbal. Untungnya Paiste Sensitive China mempunyai bell yang normal hingga muat beserta 'teman2'nya di hardcase. Untuk Sensitive China ini saya dengan sangat yakin memberikan nilai 10/10


Dengar sample suara Alpha Sensitive China 17"



So, next time kamu ingin hunting cymbal. Consider Paiste New Alpha. Best quality with best pricing. Sekedar info, retail untuk Crash 18" adalah sekitar 1,6jt. Mahal? Tunggu dulu, di semua MG harganya belum di discount 20% lho! Jadi 1,2 jutaan. Call now, before masa discountnya habis!

MG Panglima Polim, Jakarta (terbesar di Indonesia) 021 720 6020


Denny AJD di endorse oleh Paiste cymbal? Benarkah? Click here!

 
 

Home | Artikel | Review | Profil | Forum | Pasang iklan

Copyright 2000 - KlinkDrum.com.
Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.