HomeDealer & DistributorDrum SetupCustom DrumGuestbook | ForumPasang IklanEmail the author

Apaan sih drum?
Belajar main drum & notasi
Rudiment
Tangan & posisi kaki
Teknik memukul
Selengkapnya...

10 hal kelebihan drum
10 tips penting
Belajar Bossa
Groove David Garibaldi I
Ide setup drum
Selengkapnya...

Pearl free floating snare
Zildjian K custom crash
Ahead stick
Mapex seri Mars
Paiste seri Alpha
Selengkapnya...

Professional Ternama
Professional
Semi pro & pemula
Cewe-cewe drummer
Drummer-drummer cilik
Profil band
Selengkapnya...

Tentang author
My setup
My band "Kepang96"

Solo drum: MP3 format
RealAudio format
Kirim demo kamu
Selengkapnya...

Forum KlinikDrum
Cerita & pengalaman
Guestbook
Sarana lainnya...


Dealer contact:

Drum Setup:


Thee Yamaha Pheonix series

Oleh Denny AJD




Ketika saya selesai meeting dengan Mr Barliansyah di Yamaha Artist Centre, Kebetulan ada mr Maekawa-san, sang General Manager. Tiba-tiba beliau mengatakan "Denny-san, Denny-san, you should see this... Our newly arrived Yamaha Pheonix series, just arrived this morning. Please try...". Saya spontan bilang "OMG!! I will! I will!!" Hahahaha.. tapi ternyata hari itu keberuntungan lagi tidak berpihak kepada saya, karena kebetulan sedang tidak bawa stick drum dan kunci drum.

So, besoknya saya datang lagi. Kali ini lengkap persenjataannya. Ada Stick ada kunci drum. Sayang karena terburu2, waktu untuk tuning cuma sebentar. Walaupun demikian saya cukup kaget, drum set dengan konfigurasi tanpa snare dan tanpa hardware ini mempunyai list price sekitar Rp 150.000.000!! Ya, SERATUS LIMA PULUH JUTA...



Tapi kalau di lihat dari finishingnya yang bikin ngelirik, harga 150 juta (mungkin) bisa dibilang pantas. Tapi justru saya belum dengar suaranya secara spesifik.



Konfigurasi kayu PHX series cukup unik, yaitu menggunakan kayu Jatoba (kayu paling keras di dunia) kayu paling keras di dunia, dan kayu Kapura. Lagi2 sejenis kayu keras. Kebetulan di sela-sela tuning, saya menemukan sebuah Shell yang belum jadi. Ternyata itu adalah contoh shell untuk Yamaha Seri PHX. Penasaran dengan karakter timbernya, Saya ketuk dengan tangan. Cukup aneh! Suara yang di hasilkan tidak seperti suara kayu, tapi justru seperti batu! Hmm... kenapa bisa begini? Bagaimana caranya sebuah kayu keras bisa di jadikan shell untuk drum? hmmm.. hanya Yamaha yang tahu rahasianya.



Pada akhirnya tuning selesai. Semua tom saya kembalikan pada posisi semua. Stick saya ambil, dan saya ayunkan ke tom sangat perlahan... "dung...". Hmm... sepertinya kok biasa aja? Saya coba sekali lagi dengan sedikit tenaga... "Chuungg..!!" Edan!!! Langsung terpikir di kepala saya bahwa inilah suara drum terbaik yang baru kali ini saya dengar. Semakin keras saya pukul, semakin rich juga suara yang di hasilkan. Menakjubkan!!





Karena suara susah di deskripsikan dengan kata2. maka, saya ada sedikit bukti bahwa suara drum Yamaha PHX series ini luar biasa!
Mohon diingat, rekaman video ini tanpa menggunakan micing. Suara yang di hasilkan murni tertangkap oleh Digicam Canon 900Ti milik saya. Mohon diingat juga, bahwa drumhead yang digunakan juga masih original, aseli buatan Yamaha.




Other Video:





Pingin memiliki? silahkan hubungi:

Nuansa Musik
021. 452 2460
www.nuansamusik.com

 
 

Home | Artikel | Review | Profil | Forum | Pasang iklan

Copyright 2000 - KlinkDrum.com.
Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.